Mengenal Google AdWords. Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google dimana program ini dibuat khusus untuk para pengiklan atau ( advertiser ). Google AdWords sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Yang mana ini menjadi sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencari Google sebagai sarana beriklan, yang disebut dengan Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari
Target strategi Google AdWords
adalah dengan menargetkan Kata
Kunci atau keyword pencarian. Jadi kita bisa menargetkan iklan kita
keluar pada kata kunci tertentu. Sebagai contoh apabila seseorang ingin
mengiklankan mengenai Penyewaan Ruko, maka dia bisa menargetkan keyword
"sewa ruko" pada Google AdWords dan kemudian iklannya akan muncul
pada hasil pencarian ketika orang memasukkan keyword "sewa ruko".
Cara Beriklan Google AdWards
Google AdWords mempunyai dua cara
beriklan, yaitu:
1. Sistem PPC
atau Pay Per Click,
di mana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapat dari
iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google
namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya
tayang iklannya.
2. Sistem PPM
atau Pay Per Million Impressions, di mana para pengiklan membayar produk yang
diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang
nya iklan tersebut. Jadi sebagai contoh apabila anda memasang iklan produk anda dengan biaya Rp. 100.000 per hari
misalnya dengan nilai tampilan Rp.1.000
per tampilan maka iklan anda akan
ditampi sebanyak 100 kali tanyang per hari
Dimana target iklan kita akan di tampilkan ?
Pada dasarnya target iklan Google AdWords terbagi menjadi 2, yaitu :
1. Google Display Network, di mana
iklan kita akan muncul pada situs-situs yang termasuk ke dalam jaringan Google
Display Network. Yaitu situs-situs yang memasang Google Adsense pada situsnya. Display
Network ini berdasarkan text, image, flash maupun video.
2. Google Search, di mana iklan kita
muncul pada mesin pencarian Google. Google Search ini berdasarkan text dan
keyword.
Google juga menyediakan alat (tool)
Keyword Tool untuk melihat data mengenai jumlah pencarian dan tingkat
kompetisi pemakaian suatu keyword untuk beriklan di AdWords. Selain itu dengan
menggunakan Google
Insight dan Google Trends
kita juga dapat mengetahui trend keywords yang sedang banyak dicari oleh suatu
masyarakat sehingga kita bisa menargetkan campaign iklan kita melalui keywords
tersebut sesuai dengan tren yang berlaku saat ini. Situs
resmi AdWords beralamat di :
http://www.google.com/adwords/
Apakah ada pengaruh pada SEO pada blog atau web yang kita kelola
Yang
jelas ini sangat berpengaruh pada SEO pada blog atau web yang kita kelola
dengan mengunakan jasa Google AdWords ternyata ini membawa dampak yang positif
pada blog atau web yang kita kelola. Seperti yang kita ketatahui, bahwa mesin pencari terbesar saat ini adalah
Google, sedangkan Adwords merupakan salah satu bagian dari google, Sudah pasti
produk atau jasa yang kita iklankan di Adwords akan mendapatkan perlakuan
istimewa dari Google melalui penempatan posisi di halaman pertama pada mesin
pencarinya, sehingga blog atau web yang kita kelola akan mudah di temukan oleh pengunjung.
Referensi
- Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Social Plugin