Mengenal Google AdWords



Mengenal Google AdWords. Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google dimana program ini dibuat khusus untuk para pengiklan atau ( advertiser ). Google AdWords  sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Yang mana ini menjadi  sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencari Google sebagai sarana beriklan, yang disebut dengan Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari


Target strategi Google AdWords adalah dengan menargetkan Kata Kunci atau keyword pencarian. Jadi kita bisa menargetkan iklan kita keluar pada kata kunci tertentu. Sebagai contoh apabila seseorang ingin mengiklankan mengenai Penyewaan Ruko, maka dia bisa menargetkan keyword "sewa ruko" pada Google AdWords dan kemudian iklannya akan muncul pada hasil pencarian ketika orang memasukkan keyword "sewa ruko".

Cara Beriklan Google AdWards

Google AdWords mempunyai dua cara beriklan, yaitu: 

1. Sistem PPC atau Pay Per Click, di mana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapat dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.


2. Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions, di mana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut. Jadi sebagai contoh apabila anda memasang iklan  produk anda dengan biaya Rp. 100.000 per hari misalnya  dengan nilai tampilan Rp.1.000 per tampilan maka  iklan anda akan ditampi sebanyak 100 kali tanyang per hari


Dimana target iklan kita akan di tampilkan ?

Pada dasarnya  target iklan Google AdWords terbagi  menjadi 2, yaitu :


1. Google Display Network, di mana iklan kita akan muncul pada situs-situs yang termasuk ke dalam jaringan Google Display Network. Yaitu situs-situs yang memasang Google Adsense pada situsnya. Display Network ini berdasarkan text, image, flash maupun video.

2. Google Search, di mana iklan kita muncul pada mesin pencarian Google.  Google Search ini berdasarkan text dan keyword.

Google juga menyediakan alat (tool) Keyword Tool untuk melihat data mengenai jumlah pencarian dan tingkat kompetisi pemakaian suatu keyword untuk beriklan di AdWords. Selain itu dengan menggunakan Google Insight dan Google Trends kita juga dapat mengetahui trend keywords yang sedang banyak dicari oleh suatu masyarakat sehingga kita bisa menargetkan campaign iklan kita melalui keywords tersebut sesuai dengan tren yang berlaku saat ini. Situs resmi AdWords beralamat di :
http://www.google.com/adwords/

Apakah ada pengaruh  pada SEO pada blog atau web yang kita kelola

Yang jelas ini sangat berpengaruh pada SEO pada blog atau web yang kita kelola dengan mengunakan jasa Google AdWords ternyata ini membawa dampak yang positif pada blog atau web yang kita kelola. Seperti yang kita ketatahui,  bahwa mesin pencari terbesar saat ini adalah Google, sedangkan Adwords merupakan  salah satu bagian dari google, Sudah pasti produk atau jasa yang kita iklankan di Adwords akan mendapatkan perlakuan istimewa dari Google melalui penempatan posisi di halaman pertama pada mesin pencarinya, sehingga blog atau web yang kita kelola akan mudah di temukan oleh pengunjung.

Referensi
  • Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 Demikianlah artikel tentang mengenal Google AdWards. Semoga bermanfaat